Lapisan Ozon di Antartika Berlubang Tiap Musim Semi


Kapanlagi.com - Lapisan ozon di atas antartika (kutub selatan) berlubang setiap kali datang musim semi (Agustus-Oktober) dengan konsentrasi ozon mencapai di bawah 220 Dobson Unit (DU) dari konsentrasi rata-rata 300 DU.

"Jika lubang ini setiap tahun semakin besar akan mengakibatkan semakin terbukanya radiasi matahari mencapai bumi yang akan berbahaya bagi kehidupan," kata Pakar Ozon dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Dr Ninong Komala seusai Sosialisasi Kondisi Ozon di Indonesia di Jakarta, Selasa (10/10).

Penipisan ozon di lapisan stratosfer, ujarnya, disebabkan bahan-bahan perusak ozon (BPO) yang dikandung pada barang-barang yang biasa digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti kulkas, AC, gas pendorong (spray), pembersih dan plastik foam serta bahan pemadam kebakaran.





KLIK DIBAWAH INI UTK BACA SELENGKAPNYA


BPO adalah bahan kimia yang mengandung beberapa kombinasi unsur kimia klorin, florin atau bromin misalnya yang dikenal sebagai Chloro Fluoro Carbon (CFC).

CFC, ujarnya, ketika sudah lepas ke atmosfer bersifat sangat stabil dan bisa berada di lapisan stratosfer hingga ratusan tahun dan mampu merusak 100 ribu molekul ozon.

Padahal ozon (O3) di stratosfer rata-rata hanya tiga molekul setiap 10 juta molekul udara dengan tebal lapisan hanya 0,3 cm, ujarnya.

"Lapisan ozon juga semakin tipis di atmosfer kutub utara (artik), khususnya setiap musim semi pada Januari-Maret," katanya.

Ninong juga memaparkan tentang kondisi ozon yang ada di Indonesia yang menunjukkan nilai antara 240 DU hingga 277 DU atau belum dalam taraf berbahaya.

"Di belahan utara katulistiwa Indonesia jumlah total ozon maksimal terdeteksi terjadi pada September-Oktober dan minimal terjadi pada Januari-Februari, sedangkan daerah yang berada tepat di katulistiwa maksimal terjadi pada September-Oktober dan minimal pada Februari. Di belahan selatan katulistiwa seperti di Jawa jumlah ozon maksimal terjadi pada September-Oktober dan minimal terjadi pada Juni," katanya.

Ozon terbentuk dan terurai di daerah ekuator di mana terdapat hutan tropis yang luas dan secara alami terus naik ke lapisan di atasnya serta mendistribusikannya ke daerah lintang yang lebih tinggi dan terakumulasi di daerah kutub.

Pemerintah, lanjut dia, telah mendukung Protokol Montreal tentang perlindungan ozon dengan komitmen menghentikan produksi CFC dan sejenisnya yang jika seluruh negara di dunia mendukung Protokol tersebut diharapkan lapisan ozon akan pulih dalam 50 tahun.


SUMBER : http://awanka1402.blogspot.com/

Posted by Dailly buggle | di 17.48

21 komentar:

bisnis online mengatakan...

ulasan yang menarik sobat, thanks ya atas sharingnya, salam sukses selalu

ZouL mengatakan...

ulasan menarik bro..teruskan usaha

Aryanto AJ mengatakan...

bagus banget postingannya sob....

hidup untuk berbagi mengatakan...

weh,,, mksih niy infonya

uzie mengatakan...

apakah sudah terlambat kita menyelamatkan bumi inio???

Rivki mengatakan...

Saya pernah membaca pada suatu artikel..bahwa lapisan ozon pada negara ethiopia sudah bolong sehingga hanya memliki ozon yg tipis..suhu pada negara itu mencapai 45 celcius...bayangkan jika kita saja yg di indonesia yg memili suhu 30-35 celcius saja sudah sangat panas..apalagi dngan ethiopia tersebut..kebanyakan dari penduduknya menderita kanker kulit karena sinar ultraviolet yg memancar langsung ke kulit ..

tin mengatakan...

nice article keep spirit sob.....

Rizky Kautsar mengatakan...

@ admin : kayanya inpo yg tentang bolongnya ozon di ethiopia itu dari ane deh. hehehe
nais share sob.

Rivki mengatakan...

rizki kautsar : saya memang dapat info itu dari anda...tp setelah anda memberitahu saya...saya langsung search ke google

gamer mengatakan...

mengerikan yaa

genial mengatakan...

semakin menakutkan nii kondisi sekarang ini :(

recyclebin mengatakan...

nice post... bumi ini sudah tua.. wajar terjadi hal seperti ini

syazchess mengatakan...

nice post kamu..dari mana kamu dapat info..bro OK la..sila beri aku komen kat post aku juga ya bro

syazchess mengatakan...

sila beri aku komen kat http://blogging-style.blogspot.com/2009/12/1.html

misz_nierah mengatakan...

yaumul qiamah itu semakin dekat

Kian Coi mengatakan...

bahaya emang udah makin dekat bro ma kita..so cm kita,yg dimulai dr dri sendirilah yg bisa mengatasinya...


keep blogging yauwww....!!!!

misterdicious mengatakan...

selama kita masih ngandalin BBM yang bisa terbakar, lapisan ozon ngga bakalan pulih deh :(

Salon Oyah mengatakan...

Ozon bolonk? Waaahhh... info bagus sob, terutama bwt qta2 yg jarang sembahyang... wehehe... Info ni mirip dgn pesan dr film 2012... Keep up the good work maaannnn...

daerahku daerah Gambut mengatakan...

wah harus cepat2 bertobat nih.:D

Michael L mengatakan...

wah..
jadi serem nih gan>.<

Posting Komentar